Puspitasari, Meiken (2021) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA EXPLOSION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV Desa Gowak Krajan Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2020/2021). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0052_BAB I, BABII, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA - Meiken Puspitasari.pdf - Published Version Download (496kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0052_BAB IV - Meiken Puspitasari.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0052_LAMPIRAN - Meiken Puspitasari.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0052_FULLTEXT - Meiken Puspitasari.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0052_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Meiken Puspitasari.pdf - Published Version Download (605kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Make A Match berbantuan media Explosion Box terhadap hasil belajar
Matematika kelas IV Desa Gowak Krajan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten
Temanggung.
Penelitian dalam jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design
dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang
diambil sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan soal
pilihan ganda berjumlah 26 soal yang sudah diuji tingkat kevaliditasannya dan
reliabilitasnya. Uji validitas soal pilihan ganda menggunakan validitas instrument
adalah Product Moment Karl Person dengan bantuan program SPSS 25 for
windows sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan
bantuan IBM Statistic SPSS 25.0. Analisis data menggunakan teknik statistik Non
Parametric yaitu Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mo del pembelajaran Make A Match
berbantuan Media Explosion Box berpengaruh positif terhadap hasil belajar
matematika. Hasil ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon dengan nilai Z
sebesar -3927 dan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < (0,05). Berdasarkan hasil
analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar
matematika pretest 46 dan posttest 72. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Explosion Box
berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika pada Siswa kelas IV Desa Gowak
Krajan, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si. dan Ari Suryawan, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Make A Match, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:55 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:55 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |