Susanti, Eri (2021) PENGARUH METODE SAS DENGAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 Desa Majaksingi Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0081_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Eri Susanti.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0081_BAB IV - Eri Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0081_LAMPIRAN - Eri Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0081_Fulltext - Eri Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0081_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Eri Susanti.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SAS dengan
media Flash Card terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di
Desa Majaksingi.
Penelitian ini menggunakan desin penelitian pre experimental dengan
menggunakan model one grup pretest – posttes design. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan dua variabel yaitu variabel
terikat berupa keterampilan membaca siswa dan variabel bebas berupa metode
SAS dengan media Flash Card. Sampel yang digunakan sebanyak 14. Teknik
pengambilan data yaitu menggunakan tes unjuk kerja membaca. Uji hipotesis
menggunakan uji One Samples t-test dengan bantuan IMB SPSS Versi 21.00
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode SAS dengan media Flash
Card dapat berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan. Peningkatan
keterampilan membaca permulan ini terlihat dari analisis Uji One sampels t-test
dengan nilai seginifikansi sebesar 0,01 < 0,05 dengan hasil nilai rata-rata pre-test
58,57 dan skor rata-rata post-test 70,71. Berdasarkan analisis dan pembahasan
terdapat peningkatan 12,14 dari skor rata-rata pre-test unjuk kerja membaca
permulaan dan rata-rata post-test unjuk kerja membaca permulaan. Hasil dari
penelitian dapat disimpulkan bahwa metode SAS dengan media Flash Card
berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca permulaan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si. dan Putri Meinita Triana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca permulaan, Metode SAS dengan Media Flash Card
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:39
Last Modified: 16 Nov 2021 02:39
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

View Item View Item