Eman, Eman (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA MINIATUR LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas III Kelurahan Sumberrejo Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0176_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V.IV_DAFTAR PUSTAKA - Eman PGSD.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0176_BAB IV - Eman PGSD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0176_LAMPIRAN - Eman PGSD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0176_FULLTEXT - Eman PGSD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
Surat Unggah Repositori - Eman PGSD.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kooperatif Tipe
Think Pair Share (TPS) dengan media miniatur lingkungan terhadap peningkatan hasil
belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III kelurahan sumberrejo
magelang di masa pandemi covid-19 (Corona).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimen Designs (One-Group Pretest-
Posttest Design) yang terdiri dari dua variable, variable bebas (Independen) yaitu
pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan media miniatur lingkungan
dan variable terikat (Dependent) yang hasil belajar IPA. Populasi penelitian yang digunakan
adalah seluruh siswa kelas III berada di kelurahan sumberrejo magelang yang berjumlah 204
siswa dengan sampel penelitian berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik yaitu
Sampling Sistematis merupakan teknik pengambilan sampel dengan cara berdasarkan
hitungan sesuai kebutuhan, jadi populasi 204 siswa pengambilan sampelnya berdasarkan
hitungan dan terbatas di masa pandemi covid-19 (Corona) sebanyak 20 siswa. Teknik analisis
data menggunakan analisis non parametrik dengan uji Wilcoxon Signed Rank Asymp. Sig (2
tailed) yaitu menunjukkan 0.083 > 0.05 yang artinya Ha di terima dan ada perbedaan dari
pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan media miniatur lingkungan.
Sedangkan Ho di tolak karena tidak ada pengaruh pada pembelajaran Kooperatif Tipe Think
Pair Share (TPS) dengan media miniatur lingkungan di karenakan covid-19 (Corona).
Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
(TPS) dengan media miniatur lingkungan, pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata
Pretest sebesar 7.74. Sedangkan nilai rata-rata Posttest sebesar 8.91. Hasil uji hipotesis
menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0.083 > 0.05 yang dapat menyimpukan bahwa tidak
ada perbedaan atau tidak ada pengaruhnya pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
(TPS) dengan media miniatur lingkungan terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi ciriciri
makhluk hidup pada siswa kelas III kelurahan sumberrejo, kecamatan mertoyudan,
kabupaten magelang. Sebab situasi dan kondisi pembelajaran kurang maksimal dan adanya
lock down di masa pandemi covid-19 (Corona).

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd, dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair (TPS) Dengan Media Miniatur Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:38
Last Modified: 20 Mar 2025 03:43
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item View Item