Apriyani, Efa Nur (2021) PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA EXPANDING FILE TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Kowangan, Kab. Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0098_BAB I-BAB II-BAB III-BAB IV-DAFTAR PUSTAKA - Efa Nur Apriyani.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0098_BAB IV - Efa Nur Apriyani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0098_LAMPIRAN - Efa Nur Apriyani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0098_FULLTEXT - Efa Nur Apriyani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0098_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Efa Nur Apriyani.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
example non example berbantuan media expanding file terhadap keterampilan
menulis permulaan siswa kelas 1 di SD N Kowangan, Kab. Temanggung.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan
menggunakan model one grup pretest – posttes design. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan dua variabel yaitu variabel
terikat berupa keterampilan menulis siswa dan variabel bebas berupa model
pembelajaran example non example berbantuan media expanding file. Sampel
yang digunakan sebanyak 15. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan tes
unjuk kerja menulis. Uji hipotesis menggunakan uji One sample t-test dengan
bantuan IBM SPSS Statistics 21.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model example non example berbantuan
media expanding file dapat berpengaruh terhadap keterampilan menulis
permulaan. Peningkatan keterampilan menulis permulan ini terlihat dari analisis
Uji One sample t-test dengan nilai seginifikansi sebesar 0,001< 0,05 dengan hasil
nilai rata-rata pretest 68 dan nilai rata-rata posttest 73. Berdasarkan analisis dan
pembahasan terdapat peningkatan 5 dari skor rata-rata pre-test unjuk kerja
menulis permulaan dan rata-rata post-test unjuk kerja menulis permulaan. Hasil
dari penelitian dapat disimpulkan bahwa model example non example berbantuan
media expanding file berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis
permulaan.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis permulaan, model example non example berbantuan media expanding file
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:36
Last Modified: 19 Mar 2025 02:48
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3285

Actions (login required)

View Item View Item