Pratiwi, Dian (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD di Desa Bandongan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0172_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Dian Pratiwi.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0172_BAB IV - Dian Pratiwi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0172_LAMPIRAN - Dian Pratiwi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0172_Fulltext - Dian Pratiwi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0172_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Dian Pratiwi.pdf - Published Version Download (340kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Penelitian dilaksanakan pada Siswa
Kelas IV SD di Desa Bandongan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran
inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di
desa Bandongan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang.
Penelitian dilaksanakan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus mencakup
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini
berjumlah 21 siswa pada kelas IV SD di Desa Bandongan, Kecamatan Bandongan
Kabupaten Magelang 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes dan observasi.
Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif presentase yang
berupa hasil dari nilai belajar IPA siswa yang disajikan dalam bentuk angka untuk
mencari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal sebelum menggunakan
model pembelajaran inkuri terbimbing, presentase ketuntasan belajar mencapai 38
%. Pada siklus 1 ketuntasan belajar meningkat menjadi 52% dan selanjutnya pada
siklus 2 ketuntasan belajar meningkat menjadi 90%. Penelitian tindakan kelas
dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan
hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD di Desa Bandongan, Kecamatan
Bandongan, Kabupaten Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr.. Purwati, MS.,Kons dan Galih Istiningsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri terbimbing, Hasil belajar, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:30 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:30 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |