Ridzkirana, Aulia Sekar (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINDAK LANJUTI KEBIJAKAN PROSES PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID19 (Penelitian pada Sekolah Dasar Negeri Jambewangi). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0169_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - aulia ridzkirana.pdf - Published Version

Download (959kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0169_BAB IV - aulia ridzkirana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0169_LAMPIRAN - aulia ridzkirana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0169_FULLTEXT - aulia ridzkirana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0169_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORY - aulia ridzkirana.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran kepala sekolah dalam
menindak lanjuti kebijakan proses pembelajaran daring selama masa pandemi
COVID19.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan desain
penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi
3 objek yaitu kepala sekolah, guru wali kelas, dan wali murid SD N Jambewangi.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan
angket dengan 3 instrumen pengumpul data yaitu lembar pedoman wawancara,
observasi dan angket. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan
teknik triangulasi teknik (wawancara, observasi dan angket) serta triangulasi
sumber (orang tua, guru wali kelas dan siswa). Analisis data dilakukan melalui 4
komponen analisis data yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu, peran kepala sekolah SD Negeri
Jambewangi sebagai leader adalah dengan menetapkan sistem pembelajaran
daring sebagai metode pembelaran selama masa pandemi COVID. Kepala sekolah
SD Negeri Jambewangi sudah melakukan upaya-upaya terbaik agar pembelajaran
tetap bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya meskipun secara daring. Demi
kelancaran proses pembelajaran daring, kepala sekolah SD Negeri Jambewangi
sebagai supervisor juga mewajibkan semua guru untuk menguasai IT dan tetap
menyiapkan perangkat pembelajaran selama melaksanakan proses pembelajaran
daring. Selain itu sebagai administrator, kepala sekolah SD Negeri Jambewangi
memberikan fasilitas-fasilitas pendukung bagi guru dan siswa. Fasilitas yang
diberikan adalah subsidi kuota dan akses wifi gratis bagi guru, sedangkan siswa
mendapat bantuan subsidi kuota dari KEMENDIKBUD atas rekomendasi pihak
sekolah. Dan sebagai manager, kepala sekolah SD Negeri Jambewangi selalu
memantau berjalannya proses pembelajaran daring untuk memastikan bahwa baik
guru maupun siswa tidak mengalami kesulitan-kesulitan dalam pelaksanaan
proses pembelajaran daring. Selain itu, kepala sekolah SD Negeri Jambewangi
juga selalu meminta guru untuk rutin menyampaikan hasil belajar siswa selama
melaksanakan proses pembelajaran daring.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons. dan Tria Mardiana, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Pembelajaran Daring, Pandemi COVID19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:23
Last Modified: 16 Nov 2021 02:23
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item