Andriani, Arista (2021) PENGARUH MEDIA PAPAN FLANEL KATA BERBASIS METODE SAS TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Wonoroto Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0092_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Arista Andriani.pdf - Published Version Download (442kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0092_BAB IV - Arista Andriani.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0092_LAMPIRAN - Arista Andriani.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0092_FULLTEXT - Arista Andriani.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0092_PERNYATAAN PUBLIKASI - Arista Andriani.pdf - Published Version Download (310kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan flanel
kata berbasis metode struktural analitik sintetik terhadap keterampilan membaca
permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Wonoroto, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group
Pretest-Posttest. Subjek penelitian dipilih secara Nonprobability Sampling model
sampling jenuh. Sampel yang diambil awalnya sebanyak 24, namun dikarenakan
pandemi Covid-19 maka peneliti membatasi jumlah sampel yaitu sebanyak 15.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest. Uji validitas
perangkat penelitian diperoleh dari validasi ahli, yaitu dosen PGSD. Uji prasyarat
analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data menggunakan
teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor terendah pada pretest
yaitu 10 dengan nilai 50, dan skor tertinggi 14 dengan nilai 70. Perolehan skor
terendah pada posttest yaitu 15 dengan nilai 75, dan skor tertinggi 19 dengan nilai
95. Rata-rata nilai pretest adalah 59,6667, sedangkan rata-rata nilai posttest adalah
85,6667. Hasil Paired Sample T-Test diperoleh signifikansi 0,000 < (a) 0,05.
Artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan
dan sesudah perlakuan. Pada tabel t menunjukkan t-hitung negatif, yaitu -19,858
yang artinya rata-rata sebelum perlakuan lebih rendah daripada rata-rata sesudah
perlakuan. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
keterampilan membaca permulaan dari pretest ke posttest, sehingga penggunaan
media papan flanel kata berbasis metode struktur analisis sintesis berpengaruh
positif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si. dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Papan Flanel Kata Berbasis Metode SAS, Keterampilan Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 02:20 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 02:03 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |