Risti, Aprila Dwi (2021) PENGARUH METODE PARTISIPATORI BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN KELUARGA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri di Desa Banjarharjo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0024_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Aprila dwi Risti.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0024_BAB IV - Aprila dwi Risti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0024_LAMPIRAN - Aprila dwi Risti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0024_FULLTEXT - Aprila dwi Risti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0024_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Aprila dwi Risti.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan dasar
yang harus dikuasai oleh siswa diantaranya mendengar, berbicara, menulis, dan
membaca. Keempat keterampilan tersebut terkait antara satu dengan yang lainnya.
Diantara empat keterampilan berbahasa yang paling banyak dilakukan oleh setiap
orang adalah berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
metode partisipatori berbantuan media boneka tangan kelurga terhadap
peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas II di Desa Banjarharjo,
Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian preexperimental
design dengan bentuk onegroup pretest posttest design. Subyek
penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas II di Desa Banjarharjo, Kecamatan
Salaman, Kabupaten Magelang. Penelitian pada materi ajar semester I pada tahun
ajaran 2020/2021 dan hanya menggunakan kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa tes unjuk kerja untuk mengetahui
keterampilan berbicara siswa. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian
ini adalah sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 24.00
for windows. Uji prasyarat data berupa uji normalitas Shapiro-Wilk dan analisi
data berupa uji paired sample T-test.
Pembelajaran menggunakan metode partisipatori berbantuan media
boneka tangan keluarga berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berbicara
siswa. Dibuktikkan dengan hasil analisis paired sample T-test menunjukkan 0,000
< 0,05. Peningkatan juga dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh
siswa pada saat di lakukan pengukuran awal (pretest) 56,6 dan pengukuran akhir
(posttest) 69,95.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Arif Wiyat Purnanto, M. Pd. dan Dhuta Sukmarani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Partisipatori, Media Boneka Tangan Keluarga, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:19
Last Modified: 16 Nov 2021 02:19
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3276

Actions (login required)

View Item View Item