Abiyuga, Afan (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA MISSION IMPOSSIBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di Desa Muntilan Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0042_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - ゆが.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0042_BAB IV - ゆが.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0042_LAMPIRAN - ゆが.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0042_FULLTEXT - ゆが.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0042_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORY - ゆが.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing berbantuan Media Mission Impossible Terhadap Hasil Belajar
IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar di Desa Muntilan Kecamatan Muntilan
Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan
model one group pretest posttest. Sampel penelitian diambil secara total dari
populasi 10 siswa. Metode pengambilan data dilakukan melalui tes. Uji validitas
instrumen dilakukan melalui uji validitas ahli dan empiris. Uji validitas empiris
menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan program IBM
SPSS Statistic 25, begitu juga dengan uji reliabilitas menggunakan metode Alpha
Cronbach’s. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik statistic
nonparametric yaitu Uji wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengukuran awal (pretest)
dengan rata-rata 52,8 dan pengukuran akhir (posttest) memperoleh hasil dengan
rata-rata 82. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar
siswa dengan uji Wilcoxon Signed Rank Asymp menghasilkan t hitung sebesar -
2.807b. Sig (2 tailed) sebesar 0,005. Nilai signifikansi 0,005<0,05. Sehingga
model pembelajaran guided inquiry berbantuan media mission impossible
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. dan Dhuta Sukmarani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Mission Impossible, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:03
Last Modified: 18 Mar 2025 06:07
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3272

Actions (login required)

View Item View Item