Fatkhussarifin, Fatkhussarifin (2018) KORELASI KESIAPAN BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Mertoyudan). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0069_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Fatkhussarifin.pdf - Published Version

Download (860kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0069_BAB IV_Fatkhussarifin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0305.0069_FULLTEXT_Fatkhussarifin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kesiapan belajar dan keterampilan proses IPA terhadap prestasi belajar IPA Sekolah Dasar seKecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) se-Kecamatan Mertoyudan, dengan sampel penelitian sejumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan bersifat korelasi. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui metode angket, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat korelasi antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar se-Kecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai t hitung sebesar 22,882 > t tabel 1.677 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. (2) terdapat korelasi antara keterampilan proses IPA dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar seKecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai nilai t hitung sebesar 76,261 > t tabel 1.677 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05. Terdapat korelasi antara kesiapan belajar dan keterampilan proses dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar se-Kecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai F hitung 29,98 > F tabel 3,20 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno., M.Si dan Rasidi., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kesiapan belajar dan keterampilan proses IPA terhadap prestasi belajar IPA Sekolah Dasar seKecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) se-Kecamatan Mertoyudan, dengan sampel penelitian sejumlah 50 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan bersifat korelasi. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui metode angket, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat korelasi antara kesiapan belajar dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar se-Kecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai t hitung sebesar 22,882 > t tabel 1.677 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. (2) terdapat korelasi antara keterampilan proses IPA dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar seKecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai nilai t hitung sebesar 76,261 > t tabel 1.677 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05. Terdapat korelasi antara kesiapan belajar dan keterampilan proses dengan prestasi belajar IPA Sekolah Dasar se-Kecamatan Mertoyudan tahun ajaran 2018/2019, dengan nilai F hitung 29,98 > F tabel 3,20 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 08:12
Last Modified: 30 Jan 2025 02:19
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3040

Actions (login required)

View Item View Item