Wardani, Isna Nurul (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEDIA MANIK-MANIK BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD IT Zaid Bin Tsabit Blondo Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0305.0065_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Isna Nurul Wardani.pdf - Published Version Download (818kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0065_BAB IV_Isna Nurul Wardani.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0065_LAMPIRAN_Isna Nurul Wardani.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0305.0065_FULLTEXT_Isna Nurul Wardani.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media manik-manik bilangan terhadap hasil belajar matematika kelas V SD IT Zaid Bin Tsabit Blondo Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (True experimental Design) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara simple random sampling . Sampel yang diambil sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 24 kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows versi 24.00. Uji prasarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Independent T Test dengan bantuan program SPSS for windows versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media manik-manik bilangan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Independent T Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata nilai posttest pada kelompok eksperimen adalah 88,5 dan kelompok kontrol sebesar 74,5. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media manik-manik bilangan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatno, M.Si dan MA Noviudin Pritama, M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran student teams achievement divisions (STAD), media manik-manik bilangan, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 08:08 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 03:10 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |