AKYUN, AKYUN (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN IBADAH PRAKTIS PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SD MUHAMMADIYAH DONOREJO SECANG MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0067_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_AKYUN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0401.0067_BAB IV_AKYUN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0401.0067_LAMPIRAN_AKYUN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0401.0067_FULLTEXT_AKYUN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan ibadah
praktis siswa materi wudhu dengan menggunakan metode demonstrasi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui metode demonstrasi dapat meningkatkan
keterampilan ibadah praktis pada mata pelajaran PAI di SD Muhammadiyah
Donorejo.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode demonstrasi dengan
memperagakan tata cara berwudhu kepada siswa sehingga proses pembelajaran akan
lebih berkesan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan penelitian tindakan kelas
dengan metode demonstrasi dapat memperbaiki kondisi pembelajaran dan
meningkatkan keterampilan ibadah praktis siswa materi wudhu. Dalam penelitian ini
guru sekaligus bertindak sebagai peneliti dan penelitian ini dalam pelaksanaannya
dibagi menjadi 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Peningkatan keterampilan ibadah praktis siswa materi wudhu ini dapat dilihat
dari nilai prosentase ketercapaian hasil kegiatan pembelajaran sebelum tindakan yang
benar semua tata cara wudhu baru mencapai 4 siswa atau 21,1%, salah sebagian 6
siswa atau 31,5% dan yang salah semua 9 siswa atau 47,4%. Sedangkan pada siklus
I yang benar semua tata cara wudhu sudah mencapai8 siswa atau 42,1%, yang salah
sebagian 5 siswa atau 26,3% dan yang salah semua ada 6 siswa atau 31,6%. Pada
siklus II siswa yang sudah benar semua tata cara wudhu 15 siswa atau 78,95%, yang
salah sebagian 4 siswa atau 21,05% sedangkan siswa yang salah semua tidak ada.
Ketuntasan belajar 100%. Hal ini dikarenakan dengan penerapan metode demonstrasi
kegiatan pembelajaran menjadi lebih hidup dan siswa lebih terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr Imam Mawardi, M.Ag dan M. Tohirin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Ibadah Praktis dan Metode Demonstrasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:44
Last Modified: 21 Jan 2025 03:19
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2921

Actions (login required)

View Item View Item