Martyani, Alfiah (2019) METODE ROSYIDA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’AN PADA MATA PELAJARAN TAJWID TAHSIN DI MTS AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0061 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0061 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0061 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (908kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0061 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0061 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (236kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
membaca Al-Qur‟an siswa MTs Al-Mu‟min Muhammadiyah Tembarak
Temanggung setelah menggunakan metode Rosyida.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pi 1 MTs Al-Mu‟min
Muhammadiyah Tembarak Temanggung yang berjumlah 19. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes lisan,
wawancara dan observasi, yang digunakan untuk mengetahui seberapa jauh
kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan metode
Rosyida pada mata pelajaran Tajwid Tahsin dengan mengumpulkan data nilai
pre test, siklus I, siklus II dan siklus III.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Rosyida dapat
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VIII Pi 1 MTs
Al-Mu‟min Muhammadiyah Tembarak Temanggung, hal ini terbukti dengan
sesudah menggunakan metode Rosyida, terjadi kenaikan nilai rata-rata kelas,
dimana nilai rata-rata hasil pre test adalah 70,66, rata-rata siklus I adalah
74,61 dan rata-rata pada siklus II adalah 85,00 sedangkan rata-rata siklus III
adalah 89,80. Dari data nilai rata-rata ini terlihat bahwasannya ada
peningkatan dari nilai rata-rata sebelum diterapkan dan setelah diterapkannya
metode Rosyida, dan peningkatan tersebut juga dapat terlihat dari prosentase
siswa yang mencapai nilai KKM yaitu pada pre test ada 12 siswa atau
63,16% yang mencapai KKM, pada siklus I ada 14 siswa atau 73,68% yang
mencapai KKM dan siklus II ada 18 siswa atau 94,74% yang mencapai
KKM, sedangkan pada siklus III semua siswa (19) atau 100% telah mencapai
KKM, sehingga dapat dikatakan terjadi peningkatan kemampuan siswa
kelas VIII Pi 1 MTs Al-Mu‟min Muhammadiyah Tembarak Temanggung
dalam membaca Al-Quran pada pelajaran Tajwid Tahsin setelah di terapkan
metode Rosyida.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan M Tohirin, M.Ag. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Metode Rosyida,Kemampuan Membaca Alqur'an, Pelajaran Tajwid |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 11 May 2019 02:06 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 03:10 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |