Burhanudin, Achmad (2019) PENGGUNAAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAM BALESARI WINDUSARI MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0052 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0052 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0052 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0052 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0052 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode card sort dalam
meningkatan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Balesari dalam
pembelajaran fqih dengan materi zakat fitrah di kelas IV Ibtidaiyah Al-Islam
Balesari.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Islam balesari yang
berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adlah observasi dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan
menggunakan metode card sort. Hal ini dapat dilihat dari suasana pembelajaran di
kelas IV menjadi lebih hidup, peserta didik menjadi lebih aktif dan semangat
dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama
adalah kegiatan pra siklus, yaitu mencari data hasil belajar sebelum menggunakan
metode Card Sort. Tahap kedua adalah pelaksanaan Siklus I dan II.Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Card Sort dapat
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih. Hal ini dibuktikan dengan
adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I yaitu 62 menjadi
67 dengan prosentase perubahan nilai sebesar 8,06%. Sedangkan pada tes akhir
siklus II adalah 80 dengan presentase perubahan nilai sebesar 29,03% dan
ketuntasan belajar mencapai 100%. Berdasarkan hasil analisis siklus I dan siklus
II dapat diambil kesimpulan bahwa metode Card Sort dapat meningkatkan hasil
belajar fiqi materi zakat fitrah di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Balesari
Windusari Magelang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Suliswiyadi dan Istania Widayati, S.Pd.I., M.Pd.I (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort, Hasil Belajar Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 May 2019 04:10
Last Modified: 07 Feb 2025 02:09
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item