Mujib, Abdul (2019) PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QURAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AT-TAQWA GRABAG MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0048 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (398kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0048 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0048 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0401.0048 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0048 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (104kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode talaqqi
dalam program tahfidzul Quran, untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat penerapan metode talaqqi dalam program tahfidzul Quran, serta
untuk mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan penerapan metode
talaqqi dalam program tahfidzul Quran di Sekolah Menengah Pertama Islam
Terpadu At-Taqwa Grabag.
Subjek dalam penelitian ini adalah Koordinator Tahfidz, Guru Tahfidz,
dan semua siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At-Taqwa Grabag,
dengan menjadikan sebagai subyek penelitian. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan
dilanjutkan dengan kesimpulan (Conclusing Drawing/Verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode talaqqi dalam
program tahfidzul Quran di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu At-Taqwa
Grabag Magelang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap
persiapan, murid sebelum bertalaqqi hafalan pada musyrif tahfidz mengulangulang
hafalan sampai benar-benar lancar dan baik. Tahap pelaksanaan, murid
membacakan materi hafalannya kepada musyrif tahfidz secara tartil. Kemudian
musyrif tahfidz menyimak hafalan murid dengan teliti. Dan apabila ada kesalahan
pada bacaan santri, musyrif tahfidz akan membetulkannya. Murid bergantian
menyetorkan hafalan langsung kepada musyrif tahfidz baik hafalan baru maupun
hafalan lama. Tahap evaluasi, murid dievaluasi setiap menyelesaikan hafalan 1 juz
dan ujian tahfidz setiap semester yaitu murid menyetorkan hafalan yang telah
didapat (5 juz/semester) kepada musyrif ujian. Faktor pendukung, yaitu adanya
sarana dan prasarana yang sudah memadai, adanya pembinaan kualitas baik di
bidang ilmu tajwid, fashahah dan pembinaan tentang cara menghafal dan menjaga
hafalan Alquran, tenaga pengajar sesuai bidangnya, yaitu guru Alquran, kondisi
lingkungan yang tenang. Dari faktor penghambat, yaitu ada sebagian santri yang
bacaan Alqurannya belum tartil, solusinya dengan memberikan bimbingan yang
lebih intensif, santri kesulitan dalam mengatur waktu, kurang menyadari manfaat
metode talaqqi dalam menghafal Alquran, dan santri kurang istiqomah dalam
mentalaqqi hafalan yang telah dihafal solusinya kepada mereka dinasehati,
dimotivasi, dan didampingi secara intensif, beberapa santri yang sudah baligh
yang ditandai dengan haidh untuk santri putri dan ihtilam (mimpi basah) untuk
santri putra karena mereka sudah memiliki kecenderungan tertarik dengan lawan
jenis, untuk mengantisipasinya pihak sekolah memberikan peraturan-peraturan
seperti tidak diperbolehkan membawa handphone (HP), karena dapat menggangu
konsentrasi menghafal. Selain itu pengasuh juga melarang keras santri pacaran.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Nurodin Usman, Lc., MA dan Istania Widayati, M.Pd.I (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Metode Talaqqi,Tahfidzul Quran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 10 May 2019 04:06 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:19 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |