Apriandani, Fifi Meirina (2019) PENERAPAN STRATEGI VIDEO LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA RINDANG KASIH SECANG MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0041 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (707kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0041 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0041 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0401.0041 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0041 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan
pembelajaran PAI menggunakan strategi Video Learning bagi tunagrahita di SLB
Rindang Kasih Secang Magelang, 2) Faktor penghambat dan faktor pendukung
yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan strategi Video
Learning di SLB Rindang Kasih Secang Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research
sebab data-data yang dikumpulkan diperoleh dari lapangan langsung terhadap
obyek yang diteliti. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan
menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di
lapangan yang bersifat verbal, kalimat dan tidak berupa angka yang terjadi di SLB
Rindang Kasih Secang Magelang. Subyek penelitian ini adalah Guru PAI, Kepala
Sekolah dan Peserta Didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangakan teknik yang digunakan
dalam analisis data data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI menggunakan
strategi video learning dalam materi shalat bagi tunagrahita di SLB Rindang
Kasih yaitu dengan cara guru memberikan pengantar seputar materi shalat di
pertemuan pertama kemudian siswa ditunjukkan tanyangan video animasi berupa
gerakan dan bacaan shalat yang kemudian di pertemuan berikutnya siswa akan
mempraktekkan shalat dengan bimbingan guru. Adanya program shalat dzuhur
berjama‟ah di sekolah dan adanya buku kegiatan siswa untuk mengontrol sholat
siswa di rumah juga menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran, selain itu
ruang TIK yang cukup memadai dan keuletan guru dalam mendidik juga menjadi
pendukung pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya IQ peserta didik yang
jauh di bawah rata-rata anak normal, kurangnya bahan ajar, dan kurangnya
kerjasama antara guru dan orangtua. Selain itu juga karena kurikulum yang tidak
sesuai dengan kondisi peserta didik

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd.I dan Irham Nugroho, M.Pd.I, (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Video Learning, Tunagrahita, Shalat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 May 2019 04:04
Last Modified: 06 Feb 2025 01:35
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item View Item