Romadlon, Ahmad Muflih Akbar (2020) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS KINERJA GURU DI SD IT ALAM ZAID BIN TSABIT II KALIANGKRIK. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0401.0032_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0401.0032_BAB IV - Muflih Akbar.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0401.0032_LAMPIRAN - Muflih Akbar.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (862kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0401.0032_FULLTEXT - Muflih Akbar.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0401.0032_PERNYATAAN PUBLIKASI - Muflih Akbar.pdf - Published Version Download (433kB) | Preview |
Abstract
Lembaga pendidikan yang baik dapat dilihat dari proses dan output pendidikan
yang baik. Dalam lembaga pendidikan tidak terpisahkan dengan namanya
pemimpin. Pemimpin atau kepala sekolah adalah seorang yang dapat
mempengaruhi rekan kerjanya demi tercapainya tujuan. Salah satu tugas kepala
sekolah yaitu supervisi kepala sekolah, yang mana kepala sekolah mengevaluasi
pembelajaran guru demi tercapainya kinerja guru yang baik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala sekolah dimulai dari
perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut serta keberhasilan supervisi kepala
sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data melalui
observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa
implementasi supervisi kepala sekolah sudah terlaksana antara lain dilihat dari
perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi kepala sekolah dari segi tekniknya
seperti dilaksanakannya supervisi kelas sebulan sekali, rapat antara guru dengan
kepala sekolah setiap pekannya dan percakapan pribadi antara kepala sekolah
dengan guru dan tidak lanjut supervisi. Kedua profesionalitas kinerja guru yang
berkaitan dengan proses belajar mengajar sudah terlaksana seperti, perencanaan
pembelajaran yang terdiri dari perangkat pembelajaran dan juga pelaksanaan
pembelajaran yang terdiri dari proses belajar mengajar guru. Ketiga, implementasi
supervisi kepala sekolah SD IT Alam Zaid Bin Tsabit 2 Kaliangkrik sudah
terlaksana dan guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan profesional seperti
perangkat pembelajaran yang terencana dengan baik dan proses belajar mengajar
yang menggunakan model pembelajaran aktif.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | M. Tohirin, S.Ag., M.Ag. dan Subur, S.Pd.I, M.S.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 07:19 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 01:24 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |