Haryanto, Ahmad (2021) MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA MUTU DI SD MUTUAL 1 DAN SD MUTUAL 2 KOTA MAGELANG. S2 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
COVER, BAB I, II, III, V, DAFTARPUSTAKA - ahmad haryanto.pdf - Published Version Download (569kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
COVER DAN BAB IV - ahmad haryanto.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
COVER DAN LAMPIRAN - ahmad haryanto.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
Tesis Fulltext pdf revisi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
REPOSITORI - ahmad haryanto.pdf - Published Version Download (151kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan SD Mutual 1 Kota Magelang terlihat dari animo masyarakat dalam
menitipkan putra-putrinya untuk disekolahkan disana, selain itu prestasi demi
prestasi selalu muncul tiap tahunya baik akademik maupun non akademik. Begitu
pula tidak jauh dari SD Mutual 2 Kota Magelang pun mempunyai animo yang
besar dari masayarakat. Hal ini juga bisa dikatakan karena prestasi yang
diperolehnya. Belum genap 6 tahun usia SD Ini tetapi sudah banyak prestasi yang
diraih. Hal ini tentunya tidak lepas dari budaya mutu yang diterapkan oleh kedua
SD tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya mutu, strategi
kepala sekolah dalam mengembangkan budaya mutu serta model kepala sekolah
dalam mengembangkan budaya mutu di SD Mutual 1 dan SD Mutual 2 Kota
Magelang. Penelitian disusun dengan pendekatan kualitatif deskriptif di SD
Mutual 1 dan SD Mutual 2 Kota Magelang. Data penelitian dijaring melalui
wawancara mendalam. Informan dipilih secara purposive, dan kecukupan data
digunakan teknik snowball sampling. Informan penelitian mencakup kepala
sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan karyawan. Hasil analisis data
menunjukkan kedua sekolah telah menerapkan budaya mutu serta strategi masing
masing untuk mencapai kualitas yang dikuatkan oleh model kepemimpinan kepala
sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua sekolah telah menerapkan
budaya mutu yang sama. Yaitu Sekolah berfokus pada pelanggan, baik pelanggan
internal, maupun eksternal, Fokus terhadap upaya mencegah masalah, Sekolah
Memiliki investasi sumber daya manusia yang terus dijaga, Sekolah memiliki
strategi dan mendorong kreatifitas untuk mencapai kualitas. Kedua kepala sekolah
juga mempunyai strategi untuk mengembangkan budaya mutu dengan melakukan
peran sebagai Manajer, Pemimpin, supervisor, administrator, Pendidik, inovator,
motivator. Sementara model kepemimpinan yang dilakukan oleh kedua sekolah
adalah model kepemimpinan demokratis. Hal ini mengandung implikasi bahwa kepala sekolah harus dapat membuat kebijakan dan strategi yang efektif dan bisa diterapkan di setiap komponen sekolah sehingga sekolah akan bermutu, disamping itu model kepala sekolah dalam menyampaikan kebijakan dan strategi hendaknya yang bisa diterima segala lini atau bidang. Dengan seperti itu maka
diharapkan sekolah akan terbiasa dengan budaya mutu. Budaya mutu yang baik diharpakan akan membawa sekolah yang berkualitas
Item Type: | Karya Ilmiah (S2) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Dr. Imron, MA |
Uncontrolled Keywords: | Budaya Mutu, Strategi Kepala Sekolah, Model Kepala Sekolah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 06:05 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |