Arsenda, Delia Rachmi (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMK NEGERI 2 KOTA MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0401.0026 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0401.0026 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0401.0026 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0401.0026 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0401.0026 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gaya
belajar siswa terhadap prestasi belajar PAI di SMK Negeri 2 Kota Magelang.
Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat atau seberapa besar
pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar PAI di SMK tersebut.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP 3 yang mengikuti
pembelajaran PAI dengan jumlah 33 anak. Metode pegumpulan data untuk
mengungkap variabel bebas menggunakan angket sedangkan variabel terikat
menggunakan dokumentasi nilai UTS. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis korelasi product moment dengan bantuan Statistic Package
for Social Sience (SPSS) versi 21.0 for windows.
Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus product
moment dapat diambil kesimpulan bahwa gaya belajar siswa dalam kategori
sedang. Hal ini terbukti dengan adanya persentase terbesar sebanyak 70% dalam
kategori sedang. Adapun pretasi belajar PAI siswa dalam kategori tinggi dengan
presentase 64% dalam kategori tinggi. Setelah dilakukan analisis koefisien
korelasi product moment dengan bantuan SPSS 21.0 for windows diperoleh nilai r
hitung sebesar 0,422 kemudian dikonsultsikan dengan nilai r tabel product
moment pada df=n-2, df=33-2=31 didapatkan r tabel sebesar 0,355 pada
signifikasi 5% ternyata nilai r hitung berada lebih tinggi dibandingkan dengan r
tabel sehingga hipotesis yang diajukan diterima dengan hipotesis yang berbunyi
„„adanya pengaruh positif antara gaya belajar siswa dan prestasi belajar PAI
di SMK Negeri 2 Kota Magelang’‟. Hasil 0,422 dalam kategori intrepretasi
koefisien korelasi dengan tingkat hubungan yang sedang yaitu 0,40 - 0,599
sehingga tingkat pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar PAI di
SMK Negeri 02 Kota Magelang dalam kategori sedang.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan M. Tohirin, M.Ag (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 10 May 2019 03:44
Last Modified: 06 Feb 2025 02:26
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item