Muslim, Muhammad Nursahid (2021) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi SMA Muhammadiyah Se- Kabupaten Magelang). S2 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
File 1(NPM_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 2 (NPM_BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 3 (NPM_LAMPIRAN).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
File 6 (NPM_FULLTEXT)pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skrpsi]
Preview
PDF (Skrpsi)
File 4 (NPM_ PERNYATAAN UNGGAH).pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinan
yang digunakan dan manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan di SMA Muhammadiyah se-Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.
Penentuan subyek penelitian menggunakan informan kunci dan obyek
penelitian adalah masalah yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah.
Penelitian ini menggunakan tiga tehnik pengumpulan data, yaitu wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah daftar
pertanyaan wawancara, lembar pencermatan dokumen dan lembar pengamatan
observasi. Uji validitas data dengan triangulasi, analisis data bersifat induktif
dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna dari pada
generalisasi. Penelitian ini tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis, tetapi
lebih menekankan pada pengumpulan data untuk mendeskripsikan keadaan
sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepala Sekolah
menerapkan model kepemimpinan demokratikdalam meningkatkan Mutu
Pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan kepala sekolah sangat terbuka,
menerima saran dan masukan, serta kritik. Kepala sekolah juga selalu
mengajak, mendorong dan memotivasi kepada guru dan karyawan untuk selalu berubah dan mengembangkan diri menjadi lebih baik. Selain itu kepala sekolah
mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat. Sebelum keputusan diambil kepala sekolah memusyawarahkan dengan tim atau stafnya agar diberi
masukan dan saran apabila kurang baik, setelah itu disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah (guru dan karyawan), 2) Kepala Sekolah mempunyai peran yang sangat besar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kepala
sekolah memimpian dalam menyusun rencana, program dan melaksanakan program peningkatan mutu pendidikan di antaranya pengembangan mutu akademis, keislaman dan life skill (kecakapan hidup). 3) Kepala Sekolah berperan besar dalam manajemen strategi pengembangan mutu pendidikan yakni dengan membangun komunkasi efeketif dengan para pemangku kepentingan, itu di lakukan dalam rangka menerima masukan, saran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Disarankan kepada kepala sekolah agar dapat menerapkan model kepemimpinan secara bervariasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara maksimal.

Item Type: Karya Ilmiah (S2)
Pembimbing: Dr.Nurodin Usman, Lc, MA dan Dr. Imron, MA
Uncontrolled Keywords: Model Kepemimpinan Kepala Sekolah, Manajemen dan strategi pengembangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:20
Last Modified: 25 Mar 2025 07:02
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2618

Actions (login required)

View Item View Item