Dewi, Sekli Sesaria Puspita (2019) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH 1 BONJOR. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0405.0004 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (834kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0405.0004 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0405.0004 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0405.0004 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0405.0004 _ SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (199kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) lingkungan sekolah di MI
Muhammadiyah 1 Bonjor, 2) motivasi belajar siswa di MI Muhammadiyah 1
Bonjor, 3) pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa MI
Muhammadiyah 1 Bonjor.
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Muhammadiyah 1 Bonjor
Kabupaten Temanggung yang berjumlah 121 siswa. Adapun sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah 1 Bonjor
Kabupaten Temanggung yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel
pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk
mengetahui variabel lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment dengan
menggunakan bantuan SPSS for windows versi 16.0.
Hasil analisis diskriptif dari penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan
sekolah dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata mencapai 39,13. Motivasi
belajar siswa dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata mencapai 43,00. Hal ini
dibuktikan dengan hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai koefisien
korelasi (rxy) sebesar 0,906, berdasarkan rumus df=N-nr=23-2=21 diketahui r tabel
pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,413 dan r tabel pada taraf signifikan 1% yaitu
0,526, maka rxy sebesar 0,906 tersebut lebih besar apabila dibangdingkan dengan r
tabel pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Dengan
demikian Ha yang diajukan diterima, sedangkan Ho ditolak. Maka dapat
disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara lingkungan sekolah dengan
motivasi belajar siswa MI Muhammadiyah 1 Bonjor
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd. dan Irham Nugroho, M.Pd.I (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 10 May 2019 03:05 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 03:35 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |