Suharti, Ita (2019) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA (Penelitian di MI Nurul Yaqin Podosoko Candimulyo Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0405.0001 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (720kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0405.0001 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0405.0001 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
14.0405.0001 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (869kB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0405.0001 _ SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (53kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media visual dalam
pembelajaran IPA terhadap peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas V di MI
Nurul Yaqin Podosoko.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan
pada semester I tahun ajaran 2018/2019 dalam dua siklus setiap siklus ada dua
pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V MI Nurul Yaqin Podosoko
Candimulyo Magelang yang berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sementara instrumen
pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumen. Teknik
analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual dapat
meningkatkan prestasi belajar IPA pokok bahasan alat pernapasan pada manusia.
Hal ini terbukti dari hasil pembelajaran saat pratindakan, rata-rata kelas adalah
47,5 dengan hasil tidak ada siswa yang mendapatkan nilai 84-100, 2 siswa (25%)
mendapatkan nilai antara 66-83, 1 siswa (12,5%) mendapatkan nilai antara 48-65,
dan 5 siswa (62,5%) mendapatkan nilai antara 30-47. Pada siklus I diperoleh
peningkatan hasil rata-rata kelas 60 dengan hasil bahwa terdapat 1 siswa (13%)
memperoleh nilai antara 84-100, 2 siswa (25%) memperoleh nilai antara 66-83, 3
siswa (38%) memperoleh nilai antara 48-65, dan 2 siswa (25%) mendapat nilai
antara 30-47.Pada siklus II yang semakin meningkat dengan rata-rata kelas 85
dengan hasail bahwa terdapat 4 siswa (50%) mendapat nilai antara 84-100, 3
siswa (38%) mendapat nilai antara 66-83, 1 siswa (13%) mendapat nilai antara
48-65, dan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai antara 30-47. Dengan
demikian ada peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 12,5%, kemudian
setelah siklus II meningkat menjadi 37,5%. Selain itu aktivitas siswa dalam
mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya
aktivitas siswa dalam bertanya, menjawab dan memahami materi. Dari
perhitungan t-testmenggunakan media visual diperoleh hasil th sebesar 6,42. Bila
dikonsultasikan dengan t tabel dengan df=7 hasilnya adalah ts0,05=2,36<
th=6,42˃ ts0,01=3.50. Pada taraf signifikan 5% maupun 1% Ha diterima
sedangkan Ho ditolak. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media
visual dapat meningkatkan prestasi belajar IPA kelas V MI Nurul Yaqin
Podosoko Candimulyo.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd dan Irham Nugroho, M.Pd.I (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Media Visual, Penelitian Tindakan Kelas, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 10 May 2019 03:00 |
Last Modified: | 10 May 2019 03:00 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |