Febriantari, Venna Adella Sera (2020) GAMBARAN SKRINING RESEP DAN PIO DI PUSKESMAS PRINGSURAT KECAMATAN PRINGSURAT, KABUPATEN TEMANGGUNG. D3-D4 thesis, Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Tugas Akhir]
Preview
PDF (Tugas Akhir)
17.0602.0007_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of Tugas Akhir] PDF (Tugas Akhir)
17.0602.0007_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[thumbnail of Tugas Akhir] PDF (Tugas Akhir)
17.0602.0007_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[thumbnail of Tugas Akhir] PDF (Tugas Akhir)
17.0602.0007_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Tugas Akhir]
Preview
PDF (Tugas Akhir)
17.0602.0007_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung
jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi yang bertujuan untuk
mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pelayanan
farmasi klinik digunakan untuk kepentingan atau kebutuhan pasien dengan cara
memperhatikan kebutuhannya serta kondisi penyakit pasien untuk dapat
mengetahui terapi obat, salah satu pelayanan farmasi klinik yaitu kegiatan
skrining resep dan pelayanan informasi obat (PIO).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran skrining resep dan
PIO di Puskesmas Pringsurat Kecamatan Pringusurat, Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional. Teknik pengambilan
data dilakukan dengan cara menggunakan metode observasi atau mengamati
secara langsung atau terhadap pelayanan kefarmasian pada bagian skrining resep
dan pelayanan informasi obat (PIO) di Puskesmas Pringsurat menggunakan
lembar checklist. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 95 resep pada
bulan Juli 2020.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pelayanan kefarmasian di
bagian skrining resep menunjukkan persentase sebesar 77%. Pelayanan
kefarmasian di bagian pelayanan informasi obat menunjukkan persentase sebesar
83%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan jumlah skor rata-rata sebesar
80% dari 100% yang menunjukkan pelayanan kefarmasian di Puskesmas
Pringsurat sudah cukup baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu
Peraturan Menteri Kesehatan No.74 Tahun 2016 tentang standar pelayanan
kefarmasian di puskesmas.

Item Type: Karya Ilmiah (D3-D4)
Pembimbing: apt. Puspita Septie Dianita, M. P. H dan apt. Imron Wahyu Hidayat, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Gambaran, Skrining Resep, Pelayanan Informasi Obat (PIO), Puskesmas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Farmasi (D-3)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:43
Last Modified: 24 Feb 2025 02:55
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2457

Actions (login required)

View Item View Item