Zulfa, Fitria Indana (2020) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA SMART CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Wonosari Bulu, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0027_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (827kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0027_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0027_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0027_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0027_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Media Smart Card terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Wonosari Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design sampel yang diambil sebanyak 20 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes ini digunakan untuk menguji sejauh mana siswa mengalami perubahan hasil belajar sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Uji validitas instrumen tes dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan SPSS for windows versi 24.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dengan independent sample t test dengan program SPSS 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Pair Share Berbantuan Media Smart Card berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Bukti adanya hasil belajar siswa yaitu adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan nilai postest yaitu nilai rata-rata awal pada eksperimen 63 dan postest 83 sedangkan kelas kontrol pretest 60 dan postest 69,35 dan hasil uji t independent sample t test dengan signifikansi 5 % artinya hipotesis dapat diterima.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd dan Putri Meinita Triana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Apr 2021 08:00
Last Modified: 18 Mar 2025 03:42
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item View Item