Musfikaningrum, Laita Hanna (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA PAPAN HITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II di SD Negeri Pabelan 2 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0101_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0101_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0101_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0101_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0101_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Group
Investigation berbantuan media Papan Hitung terhadap hasil belajar Matematika
siswa kelas II di SD Pabelan 2, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen (Pre Experimental
Design) dengan model One Group Pretest Posttest Design (tes awal-tes akhir
kelompok tunggal). Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel
terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Group Investigation
berbantuan media Papan Hitung dan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu
hasil belajar Matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
II di SD Pabelan 2, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang yang berjumlah
12 siswa dan sampel yang diambil seluruh siswa kelas II di SD Pabelan,
Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang yang berjumlah 12 siswa. Teknik
sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling
dengan jenis sampel jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes hasil belajar Matematika. Uji validitas instrumen tes hasil
belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas
menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS for Windows versi
24.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas menggunakan Kolmogorov-
Smirnov. Sedangkan analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu
uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group
Investigation berepengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis uji Paired Sample T-Test dengan probabilitas nilai
sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest. Skor rata-rata pretest 67 dan skor
rata-rata posttest 83. Pengujian hipotesis dengan t hitung (13,776) yang lebih
besar dari t tabel 2.201 menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
Group Investigation berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Galih Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Papan Hitung, Model Group Investigation, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 27 Apr 2021 06:37
Last Modified: 05 Mar 2025 07:26
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item