Basori, Muchamad (2018) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN WAHANA WISATA “WEST TAMP TUBING” TAMPIR KULON MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0501.0024_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0501.0024_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0501.0024_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0501.0024_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)

Abstract

Wisata “West Tamp Tubing” Tampir kulon adalah wahana yang terkenal di Magelang dan sekitarnya. Pengunjung perjuni 2018 hingga 360 orang, banyaknya pengunjung meningkatkan angka kritik dan saran sebesar 24 kritik dan 21 saran. Seperti : kerahamahan pelayanan, tempat parkir yang kurang luas, pelayanan yang kurang tanggap, aliran sungai banyak sampah. Penelitian guna meningkatkan kualitas pelayanan dengan tujuan adanya peningkatan mutu pelayanan untuk mempertahankan konsumen. Penelitian ini menggunakan analisis metode Quality Function Deployment sampai tahap 2 yaitu untuk mencoba mengetahui atribut-atribut jasa yang diinginkan konsumen, tingkat kepentingan, kinerja atribut jasa wahana, parameter teknik, kebutuhan proses dan prosedur kualitas. QFD diaplikasikan untuk menerjemahkan apa yang diinginkan oleh konsumen ke dalam prosedur kualitas yang lebih terperinci dan jelas secara teknis. Hasil dari penelitian pada wahana wisata “West Tamp Tubing” Tampir kulon dengan menggunakan QFD, didapatkan 15 atribut jasa yang diinginkan oleh konsumen dan diterjemah-kan ke dalam 9 parameter teknik dalam House of Quality (HOQ) tahap 1. Matrik HOQ tahap 2 menggambarkan bagaimana 9 parameter teknik tersebut dijabarkan menjadi 9 kebutuhan proses beserta urutan prioritasnya. Urutan prioritas prosedur kualitas inilah yang menjadi pedoman dalam pengembangan jasa wahana wisata “West Tamp Tubing” Tampir kulon

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Ir. Eko Muh Widodo, MT dan Affan Rifa’i, ST., MT (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, QFD
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S-1)
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Apr 2019 09:40
Last Modified: 23 Jan 2025 01:32
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item