Imaniar, Holy Nikmah (2020) MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH DASAR DALAM PENINGKATAN KESIAPSIAGAAN BENCANA DI DAERAH BERPOTENSI BENCANA (Penelitian pada SDN Ngepanrejo, Bandongan, Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0175_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0175_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0175_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0175_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0175_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum sekolah
dasar dalam peningkatan kesiapsiagaan bencana di daerah berpotensi bencana di
SDN Ngepanrejo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.
Rancangan penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan
angket. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik.
Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Uji keabsahan data
dalam penelitian ini meliputi uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan
konfirmabilitas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum baik
dari segi desain kurikulum, perangkat pembelajaran, program penilaian dan
pengorganisasian struktural sudah berpedoman pada KTSP yang berlaku, memuat
program SPAB, dan terorganisir dengan baik; 2) Pelaksanaan manajemen
kurikulum telah berjalan dengan baik karena dilaksanakan sesuai dengan prinsip
dan pedoman pelaksanaan yang dijadikan sebagai acuan yaitu Permendikbud dan
SPAB; 3) Evaluasi kurikulum menggunakan model CIPP untuk mengembangkan
kurikulum yang lebih baik lagi dan menciptakan generasi siaga bencana. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum sekolah dasar yang
dilakukan di SDN Ngepanrejo baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
program kurikulumnya sudah memenuhi standar isi minimal dari standar nasional
pendidikan serta dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. dan Rasidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kesiapsiagaan Bencana
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:02
Last Modified: 26 Feb 2025 01:25
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item