Mahardhika, Puspita (2020) PENGARUH MODEL EXPERIENTAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA SPINNCER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian Pada Siswa Kelas V di Desa Jogomulyo Kec. Tempuran Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0168_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (992kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0168_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0168_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0168_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0168_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh model Experiental
Learning berbantuan media Spinncer terhadap keterampilan menulis cerita pendek
pada siswa kelas V di Desa Jogomulyo Kecamatan Tempuran Kabupaten
Magelang. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa.
Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain
penelitian one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan soal tes tulis berjumlah 4 soal yang sudah diuji tingkat kevalidan dan
reliabilitasnya. Uji validitas soal tes tulis menggunakan bantuan program
komputer Microsoft Excel 2010 sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus
cronbach’s alpha dengan bantuan komputer program komputer SPSS statistic
25.00 for windows. Analisis data menggunakan teknik statistik Wilcoxon Test
berbantuan program SPSS statistic 25.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Experiental Learning
berbantuan media Spinncer terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada
siswa kelas V. Hal ini dibuktikan Zhitung sebesar -3,898 dengan nilai probabilitas
0,000 < 0,05, berarti ada perbedaan signifikan antara keterampilan menulis cerita
pendek sebelum dan hasil keterampilan menulis cerita pendek setelah diberikan
perlakuan dengan model Experiental Learning berbantuan media Spinncer
(Spinner Cerpen). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
penerapan Model pembelajaran Experiental Learning berbantuan media Spinncer
(Spinner Cerpen) berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Lilis Madyawati, M.Si. dan Rasidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Ekxperiental Learning, Media Spinncer (Spinner Cerpen), Keterampilan Menulis Cerita Pendek
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 27 Apr 2021 01:36
Last Modified: 05 Mar 2025 02:29
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item View Item