Mahardhika, Puspita (2020) PENGARUH MODEL EXPERIENTAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA SPINNCER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian Pada Siswa Kelas V di Desa Jogomulyo Kec. Tempuran Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0168_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (992kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0168_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0168_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0168_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0168_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (363kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh model Experiental
Learning berbantuan media Spinncer terhadap keterampilan menulis cerita pendek
pada siswa kelas V di Desa Jogomulyo Kecamatan Tempuran Kabupaten
Magelang. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa.
Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain
penelitian one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan soal tes tulis berjumlah 4 soal yang sudah diuji tingkat kevalidan dan
reliabilitasnya. Uji validitas soal tes tulis menggunakan bantuan program
komputer Microsoft Excel 2010 sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus
cronbach’s alpha dengan bantuan komputer program komputer SPSS statistic
25.00 for windows. Analisis data menggunakan teknik statistik Wilcoxon Test
berbantuan program SPSS statistic 25.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Experiental Learning
berbantuan media Spinncer terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada
siswa kelas V. Hal ini dibuktikan Zhitung sebesar -3,898 dengan nilai probabilitas
0,000 < 0,05, berarti ada perbedaan signifikan antara keterampilan menulis cerita
pendek sebelum dan hasil keterampilan menulis cerita pendek setelah diberikan
perlakuan dengan model Experiental Learning berbantuan media Spinncer
(Spinner Cerpen). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
penerapan Model pembelajaran Experiental Learning berbantuan media Spinncer
(Spinner Cerpen) berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Lilis Madyawati, M.Si. dan Rasidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Ekxperiental Learning, Media Spinncer (Spinner Cerpen), Keterampilan Menulis Cerita Pendek |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 01:36 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:29 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |