Wahyuni, Siti (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GUNUNG BERAPI (Penelitian pada Siswa Kelas V SDN Polengan di Desa Polengan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0167_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (719kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0167_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0167_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0167_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0167_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (371kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
konstruktivistik terhadap kesiapsiagaan bencana kelas V SDN Polengan di Desa
Polengan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain
penelitian Pre- experimental design dengan model One Grup Pretest-posttest
Design. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V sebagai kelas eksperimen.
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang
diambil sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan angket kesiapsiagaan bencana. Uji validitas instrumen angket
dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas
menggunakan rumus alpha cronbach dengan bantuan program SPSS versi 24 for
windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Analisis data
menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan
bantuan program SPSS versi 24 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran
konstruktivistik berpengaruh terhadap kesiapsiagaan bencana pada siswa. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Simple T-Test dengan probabilitas nilai
sig (2-tailed) 0.047 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tersebut,
terdapat perbedaan skor rata-rata angket kesiapsiagaan bencana antara pretest
sebesar 1.66 dan posttest sebesar 2.057. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan
bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran konstruktivistik berpengaruh positif
terhadap kesiapsiagaan bencana siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Purwati, MS.,Kons. dan Agrissto Bintang Aji Pradana , M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Konstruktivistik, Kesiapsiagaan Bencana, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 07:53 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:15 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |