Hariyati, Fitri (2020) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK DARI RUMAH PADA KELAS I SD MUHAMMADIYAH I MUNTILAN SELAMA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0165_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (814kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0165_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0165_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0165_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0165_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (227kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran orang tua dalam
mendampingi belajar anak dari rumah pada kelas I SD Muhammadiyah I Muntilan
selama pandemi covid- 19.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan desain
penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 3
objek yaitu orang tua siswa, guru wali kelas, dan siswa kelas I di SD
Muhammadiyah I Muntilan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode
wawancara, observasi dan angket dengan 3 instrument pengumpul data yaitu
lembar pedoman wawancara, observasi dan angket. Dalam menguji keabsahan
data peneliti menggunakan triangulasi teknik (wawancara, observasi dan angket)
serta triangulasi sumber (orang tua, guru wali kelas dan siswa). Analisis data
dilakukan melalui 4 komponen analisis data yaitu: pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan analisis mengenai peran orang
tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak di rumah secara daring selama
pandemi covid-19. 48% orang tua menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran
secara daring ini dirasa kurang efektif, sedangkan 52 % orang tua yang lainnya
menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran secara daring sudah cukup baik.
Meskipun demikian, orang tua tetap memberikan dukungan terhadap kegiatan
belajar anak secara daring, terbukti 85% orang tua sudah memenuhi kebutuhan
fasilitas belajar yang dibutuhkan saat belajar secara daring. Dan 80% orang tua
juga sudah menunjukkan serta mengupayakan untuk bisa meluangkan waktu agar
bisa ikut mendampingi kegiatan belajar daring anak secara langsung. Meskipun
tidak dapat dipungkiri, saat mendampingi kegiatan belajar anak secara daring
orang tua mengalami beberapa kendala, baik dari faktor orang tua maupun dari
faktor anak itu sendiri, namun orang tua selalu berusaha untuk tetap bisa
memberikan bentuk peran pendampingan yang terbaik bagi anak saat belajar di
rumah secara daring.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Ari Suryawan, M.Pd.,dan Tria Mardiana, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Peran Pendampingan Orang Tua, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:39 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 04:47 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |