Suci, Eka Rahayu Martha (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KUSA APATI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Geneng 1 Kecamatan Candimulyo Tahun Ajaran 2019/2020). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0164_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0164_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0164_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0164_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0164_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran
Discovery Learning berbantuan media Kusa Apati terhadap hasil belajar
Matematika kelas V.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini
menggunakan metode Quasi Experimental dengan tipe Nonequivalent Control
Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
Negeri Geneng 1 yang berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan
dalam pemilihan sampel yaitu sampling jenuh. Data-data dalam penelitian ini
dikumpulkan menggunakan instrumen pengumpul data yang berupa lembar soal
tes. Analisis data pada penelitian ini peneliti menggunakan uji Mann Whitney U.
Hasil uji Mann Whitney U menunjukkan bahwa posttest pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan, ditunjukkan
dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,001, (0,001<0,05). Bukti adanya
peningkatan hasil belajar siswa yaitu adanya perbedaan signifikan antara nilai
posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Peningkatan nilai rata-rata hasil
belajar Matematika kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol.
Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 77 dan kelas kontrol 53. Penelitian ini
menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning
dengan Media Kusa Apati berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika Siswa
Kelas V.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons dan Tria Mardiana, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar, Media.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:39
Last Modified: 14 Mar 2025 01:52
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item View Item