Rahayu, Metti Puspita (2020) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SD N Ngawonggo II Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0159_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0159_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0159_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0159_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0159_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual
berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada
pelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan pada siswa kelas IV di SD N Ngawonggo
II Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekperimen dengan model One
Group Pretest-Posttest Design yang termasuk dalam Pre-Eksperimental Designs.
Subjek penelitian diambil secara sampel jenuh yang berarti semua populasi
digunakan sebagai sampel. Sampel yang diambil sejumlah 31 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes unjuk kerja menulis karangan
narasi. Uji validitas instrumen dengan menggunakan validasi ahli (expert judgement)
untuk menentukan apakah instrumen layak digunakan untuk penelitian. Analisis data
menggunakan teknik statistik non-parametrik Uji Wilcoxon dengan bantuan program
SPSS 25.00 for windows.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar seri
berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa. Hal
ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Wilcoxon hasil pretest dan posttest dengan
probabilitas nilai sig (2-tailed) .000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata nilai keterampilan menulis karangan
narasi antara pretest sebesar 60,64 dan posttest sebesar 75,96.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Purwanti, MS., Kons dan Putri Meinita Triana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:37
Last Modified: 12 Mar 2025 02:53
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2211

Actions (login required)

View Item View Item