Wahyuningsih, Wahyuningsih (2020) PENERAPAN METODE GLOBAL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SDN Mangli, Kaliangkrik, Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0158_BAB I_BAB II_ BAB III_BAB _DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0158_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0158_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0158_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0158_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
membaca permulaan melalui Metode global berbantuan media puzzle pada siswa
kelas 1 SDN Mangli, Kaliangkrik, Magelang.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dengan tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus dilalui
dengan empat tahapan, yaitu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan
tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas 1 SDN Mangli, Kaliangkrik, Magelang tahun ajaran
2020/2021 yang berjumlah 22 siswa dengan 12 siswa laki-laki, dan 10 siswa
perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
observasi dan tes unjuk kerja. Instrumen penelitian pada penelitian ini
menggunakan lembar observasi dan lembar tes unjuk kerja. Metode analisis data
pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa
kelas 1 dari 53% menjadi 77%, dan terjadi peningkatan rata-rata kemampuan
membaca permulaan siswa kelas 1 dari 75 menjadi 85 dengan presentase
ketuntasan sebesar 77%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan
bahwa metode global berbantuan media puzzle efektif meningkatkan kemampuan
membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Mangli, Kaliangkrik, Magelang tahun
ajaran 2020/2021.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Arif Wiyat Purnanto, M.Pd dan Putri Meinita Triana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Global Berbantuan Media Puzzle, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:36
Last Modified: 17 Mar 2025 04:20
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item View Item