Ristiyani, Mona (2020) PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA PUZZLE HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 Dusun Pakis Kidul). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0150_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0150_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0150_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0150_FULLTEXT..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0150_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Direct
Instructionberbantuan media Puzzle huruf terhadap keterampilan membaca
permulaan siswa kelas 1 di Dusun Pakis Kidul.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre experimental dengan
menggunakan model one grup pretest – posttes design. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah sampel jenuh. Variabel didalam penelitian ini ada dua yaitu
variabel terikat berupa keterampilan membaca siswa dan variabel bebas berupa
model Direct Instruction berbantuan media Puzzle huruf. Sampel yang digunakan
sebanyak 17. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan tes unjuk kerja
membaca. Uji hipotesis menggunakan uji Paired Samples T test dengan bantuan
IMB SPSS Versi 25.00
Hasil penelitian menunjukan bahwa model Direct Instructionberbantuan
media Puzzle huruf dapat berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan.
Peningkatan keterampilan membaca permulan ini terlihat dari analisis Uji Paired
sampels T Test dengan nilai seginifikansi sebesar 0,02 < 0,05 dengan hasil nilai
rata-rata pre-test 58,23 dan skor rata-rata post-test 69,7. Berdasarkan analisis dan
pembahasan terdapat peningkatan 11,47 dari skor rata-rata pre-test unjuk kerja
membaca permulaan dan rata-rata post-test unjuk kerja membaca permulaan.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M. Si., Kons. dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Permulaan, Model Direct Instruction, Media Puzzle Huruf
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:30
Last Modified: 12 Mar 2025 06:28
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item