Ristiyani, Mona (2020) PENGARUH MODEL DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA PUZZLE HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian pada Siswa Kelas 1 Dusun Pakis Kidul). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0150_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (574kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0150_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0150_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0150_FULLTEXT..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0150_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (341kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Direct
Instructionberbantuan media Puzzle huruf terhadap keterampilan membaca
permulaan siswa kelas 1 di Dusun Pakis Kidul.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre experimental dengan
menggunakan model one grup pretest – posttes design. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah sampel jenuh. Variabel didalam penelitian ini ada dua yaitu
variabel terikat berupa keterampilan membaca siswa dan variabel bebas berupa
model Direct Instruction berbantuan media Puzzle huruf. Sampel yang digunakan
sebanyak 17. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan tes unjuk kerja
membaca. Uji hipotesis menggunakan uji Paired Samples T test dengan bantuan
IMB SPSS Versi 25.00
Hasil penelitian menunjukan bahwa model Direct Instructionberbantuan
media Puzzle huruf dapat berpengaruh terhadap keterampilan membaca permulaan.
Peningkatan keterampilan membaca permulan ini terlihat dari analisis Uji Paired
sampels T Test dengan nilai seginifikansi sebesar 0,02 < 0,05 dengan hasil nilai
rata-rata pre-test 58,23 dan skor rata-rata post-test 69,7. Berdasarkan analisis dan
pembahasan terdapat peningkatan 11,47 dari skor rata-rata pre-test unjuk kerja
membaca permulaan dan rata-rata post-test unjuk kerja membaca permulaan.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M. Si., Kons. dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca Permulaan, Model Direct Instruction, Media Puzzle Huruf |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:30 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 06:28 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |