Aden, Orchidia Yaltafit (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN MEDIA PALU KOMBIPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Trasan 1 Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Materi Bangun Datar). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0148_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (721kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0148_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0148_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0148_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0148_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (246kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Teams Games Tournament berbantuan media PALU KOMBIPOLI (Papan Ludo
Kombinasi Monopoli) terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri
Trasan 1 Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Pre
Experimental Design) dengan model One Grup Pretest Posttest Design. Subjek
Penelitian dipilih secara total sampling. Populasi pada penelitian ini sebanyak 20
siswa, sampel yang diambil sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar Matematika dan observasi. Uji
validitas intrumen tes hasil belajar dengan menggunakan rumus product moment
sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan
program SPSS for Windows versi 25.00. Uji prasyarat analisis data terdiri dari uji
normalitas, dan uji hipotesis. Analisis data menggunakan teknik statistik
parametrik yaitu uji paired sample T-Test dengan bantuan program SPSS for
Windows versi 25.00.
Kesimpulan hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
Teams Games Tournament berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar
Matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test
dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata nilai hasil pretest yaitu 52,25 dan
posttest 80,75. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media PALU KOMBIOLI
berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika materi bangun datar.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Drs Tawil ,M.Pd.,Kons. dan Septiyati Purwandari, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Teams Games Tournament, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:27 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 01:59 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |