Hartatik, Sri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD N Medari Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0147_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0147_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0147_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0147_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0147_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
TPS (Think Pair Share) berbantuan media Roda Putar terhadap hasil belajar
Matematika siswa kelas 5 SD N Medari Desa Medari Kecamatan Ngadirejo
Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Experimental Design dengan
desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil
sebanyak 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan soal pilihan
ganda berjumlah 30 soal yang sudah diuji tingkat kevalidtanya dan reliabilitasnya.
Uji validitas soal pilihan ganda menggunakan validitas instrument adalah Product
Moment dari Karl Person dengan bantuan program SPSS 25 for windows
sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan
IBM Statistic SPSS 25.0. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik
yaitu Paired Sampel T-Test berbantuan IBM Statistic SPSS 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TPS (Think Pair Share)
berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil
analisis Uji Paired Simple T-Test probabilitas nilai sig t hitung > t tabel yaitu
30,087 > 1,708. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan
skor rata-rata hasil belajar matematika pretest sebesar 45,5 dan posttest 84,5.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran TPS
(Think Pair Share) berbantuan media Roda Putar berpengaruh terhadap Hasil
Belajar Matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si. dan Ari Suryawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran TPS (Think Pair Share), Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:28
Last Modified: 24 Feb 2025 04:53
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item View Item