Hartatik, Sri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD N Medari Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0147_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (700kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0147_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0147_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0147_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0147_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (254kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
TPS (Think Pair Share) berbantuan media Roda Putar terhadap hasil belajar
Matematika siswa kelas 5 SD N Medari Desa Medari Kecamatan Ngadirejo
Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Experimental Design dengan
desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil
sebanyak 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan soal pilihan
ganda berjumlah 30 soal yang sudah diuji tingkat kevalidtanya dan reliabilitasnya.
Uji validitas soal pilihan ganda menggunakan validitas instrument adalah Product
Moment dari Karl Person dengan bantuan program SPSS 25 for windows
sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan
IBM Statistic SPSS 25.0. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik
yaitu Paired Sampel T-Test berbantuan IBM Statistic SPSS 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TPS (Think Pair Share)
berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil
analisis Uji Paired Simple T-Test probabilitas nilai sig t hitung > t tabel yaitu
30,087 > 1,708. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan
skor rata-rata hasil belajar matematika pretest sebesar 45,5 dan posttest 84,5.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran TPS
(Think Pair Share) berbantuan media Roda Putar berpengaruh terhadap Hasil
Belajar Matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si. dan Ari Suryawan, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran TPS (Think Pair Share), Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:28 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 04:53 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |