Editia, Miftah Wati (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA ULTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mento Kecamatan Candiroto). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0145_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (923kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0145_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0145_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0145_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0145_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair
Share (TPS) dengan media visual ultrasi terhadap hasil belajar PKN siswa kelas
IV Sekolah Dasar Negeri Mento Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen Pre Experimental
Design dengan model One Group PreTest-Posttest Design. Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas IV di SD N Mento Kecamatan Candiroto. Sampel
penelitian diambil secara total dari populasi yaitu dengan teknik sampling total
jenuh dengan jumlah seluruh siswa kelas IV 25siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen dilakukan oleh ahli
dan diujikan secara statistic dengan bantuan aplikasi IMB SPSS versi 25.00 for
windows begitu juga dengan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunaakan
uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametric yaitu uji
Paired Sample T-Test dengan bantuan aplikasi IMB SPSS versi 25.00 for
windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis uji Paired Sampel TTest
menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,000 dan lebih kecil dari taraf signifikansi
0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penggunaan Pembelajaran Think Pair
Share (TPS) berbantuan Media Ultrasi berpengaruh terhadap hasil belajar PKN
siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof.Dr Purwati, MS.Kons. dan Ibu Septiyati Purwandari,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share (TPS), Media Ultrasi,Hasil Belajar, PKN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:25
Last Modified: 20 Feb 2025 04:31
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item View Item