Karimatunnissa, Afifah (2020) ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA GURU ERA PANDEMI COVID-19 (Penelitian dilaksanakan di SDN Deyangan 2 Mungkid Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0143_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (478kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0143_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0143_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (832kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0143_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0143_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (311kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang
digunakan pada era pandemi Covid-19 ini yang dilakukan di SDN Deyangan 2
Kabupaten Magelang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Subjek dari penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian
adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan
Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) strategi pembelajaran yang
digunakan adalah strategi pembelajaran daring dan strategi pembelajaran luring,
2) strategi pembelajaran daring dan luring berjalan dengan baik, namun karena
adanya permasalahan yang berkaitan dengan fasilitas yang dimiliki anak,
menjadikan kegiatan pembelajaran kurang meksimal, adanya kerjasama antara
guru siswa dan orangtua dapat menjadikan pembelajaran tersampaikan dengan
baik. 3) permasalahan yang ada karena tidak semua orang tua mamapu
memfasilitasi anak untuk memiliki Handphone, tidak ada kuota dan sulitnya
jaringan juga menjadi penghambat bagi anak untuk mengikuti proses
pembelajaran. Hal tersebut memberikan informasi peneliti bahwa adaptasi dalam
pelaksanaan kegiatan pendidikan pada masa pandemi covid-19 ini perlu cepat,
inovatif dan lebih kreatif.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Septiyati Purwandari, M.Pd. dan Galih Istiningsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Strategi Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:24 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 01:26 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |