Prawesti, Anggita Dewi (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di Desa Kupen, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0142_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (794kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0142_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0142_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0142_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0142_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (163kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran NHT
(Number Head Together) terhadap keterampilan proses siswa kelas IV Sekolah
Dasar Desa Kupen, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-
Experimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Subjek
penelitian dipilih secara total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keterampilan
proses dan observasi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan
konstruk sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan
bantuan program IBM SPSS Statistics 25. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji
normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu Uji
Paired Samples T Test dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran NHT (Number Head
Together) berpengaruh positif terhadap keterampilan proses siswa. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Samples T Test dengan probabilitas nilai
sig (2 tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
perbedaan skor rata-rata angket keterampilan proses antara pretest sebesar 68,05
dan posttest sebesar 89,15. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan pembelajaran NHT (Number Head Together) berpengaruh positif
terhadap keterampilan proses siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Agrissto Bintang A. P, M.Pd dan Rasidi M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | NHT (Number Head Together), Keterampilan Proses, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:24 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 07:12 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |