Widaningrum, Ansita Puspa (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDIOTORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) BERBANTUAN MEDIA HAPPINESS SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD di Desa Kalimiru Purworejo). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0137_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0137_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0137_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0137_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0137_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
SAVI (Somatic, Audiotory, Visualization, Intelectualy) berbantuan media
pembelajaran Happiness Scrapbook terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD
di Desa Kalimiru, Purworejo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Pre-
Eksperimental Design) dengan model One Group Pretest Posttest Design. Subjek
dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD di Desa Kalimiru yang berjumlah 18
siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji Validitas
instrumen tes hasil belajar IPA menggunakan rumus product moment, sedangkan
uji reliabilitas menggunakan cronchbach alpha dengan bantuan program aplikasi
IBM SPSS Statistics 23. Uji Prasayarat analisis yang dilakukan yaitu uji
normalitas dengan uji Shapiro wilk dan uji hipotesis dengan uji paired sample ttest
dengan bantuan aplikasi program IBM SPSS Statistics.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatic,
Audiotory, Visualization, Intellectualy) berbantuan media Happiness Scrapbook
berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Desa
Kalimiru,Purworejo. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji paired sample t-test
dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, nilai rata-rata hasil belajar pretest dan posttest sebesar 49,44 dan
78,33. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotory, Visualization, Intelectualy) berbantuan
media Happiness Scrapbook berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Arif Wiyat Purnanto,M.Pd dan Septiyati Purwandari,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:22
Last Modified: 17 Mar 2025 06:42
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2191

Actions (login required)

View Item View Item