Sari, Nur Ayu Rimbang (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) BERBANTUAN MEDIA UTAMA (ULAR TANGGA MANUSIA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Kelas 3 SD Negeri Medari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0134_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (951kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0134_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0134_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0134_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0134_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media UTAMA (Ular Tangga
Manusia) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Medari. Jenis
penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian One Grup
Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil sebanyak 30 siswa.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan soal pilihan ganda sebanyak
25 soal yang sudah diuji tingkat kevalidan dan reliabilitasnya. Uji validitas soal
pilihan ganda menggunakan rumus pearson menggunakan bantuan Microsoft Exel
2010 for windows sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach’s
alpha dengan bantuan IBM Statistic SPSS 25.0 for windows. Uji prasyarat analisis
menggunakan uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik
Wilcoxon Test berbantu IBM Statistic SPSS 25.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model NHT berbantuan media
UTAMA berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan Zhitung
sebesar -4,794 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05, berarti ada perbedaan
signifikan antara hasil belajar matematika sebelum dan hasil belajar matematika
sesudah diberikan perlakuan dengan model pembelajaran NHT berbantuan media
UTAMA. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan
model NHT berbantuan media UTAMA berpengaruh terhadap hasil belajar
matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Purwati,MS.,Kons. dan Ari Suryawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model NHT, Media UTAMA, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:19
Last Modified: 13 Mar 2025 04:23
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2190

Actions (login required)

View Item View Item