Anggriasari, Griva (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pangenrejo, Purworejo ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0062_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (696kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0062_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0062_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0062_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0062_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (219kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Learning Together (LT) berbantuan media monopoli terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas IV SD N 2 Pangenrejo, Purworejo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimen. Subjek
penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 31
siswa, sedangkan populasi yang diambil juga sebanyak 31 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan selama empat hari yaitu pada tanggal 9 Maret 2020-12 Maret 2020.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas
instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment Uji prasyarat analisis
terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik
statistik Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning
Together (LT) berbantuan media monopoli berpengaruh positif terhadap hasil
belajar matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon pada hasil
pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh nilai Z
sebesar -2,038 dengan Asymp. Sig 2 tailed sebesar 0,042 (0,042<0,05). Hasil dari
penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning
Together (LT) berbantuan media monopoli berpengaruh terhadap hasil belajar
matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd., Kons. dan Tria Mardiana M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Learning Together (LT), Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 04:02 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 04:02 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |