Impian, Aprilya Ranting (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD di Desa Banjarsari dan Gesing). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0056_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (835kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0056_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0056_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0056_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0056_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Group
Investigation Berbantuan Flashcard terhadap keterampilan menulis narasi siswa.
Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan
nonequivalent kontrol group design Pretest-Postest Kontrol Group. Penelitian ini
dilakukan Pada siswa kelas IV SD di Desa Banjarsari dan Gesing Kecamatan
Temanggung. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi atau
menggunakan Total Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan
menggunakan tes, melalui tes tertulis secara obyektif dengan berpedoman pada
kisi-kisi soal berdasarkan Kurikulum 2013 yang dibatasi ranah psikomotorik yaitu
aspek menyelesaikan (P3) yang berjumlah 1 soal dengan materi pelajaran Bahasa
Indonesia menulis karangan narasi. Validitas instrumen dilakukan melalui uji ahli.
Sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan bantuan program IBM SPSS Statistics
23 melalui uji Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan uji
normalitas, linieritas, dan homogenitas. Uji normalitas dilakukan dengan Uji
Shapiro Wilk, uji linieritas dilakukan dengan uji Test for Linearity, dan uji
homogenitas dilakukan dengan uji One Way Anova. Sedangkan untuk analisis
data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu Uji Paired Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis Uji Paired simple TTest
menunjukkan nilai Sig. sebesar 0.001 dan lebih kecil dari taraf signifikansi
0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Group Investigation
Berbantuan Flashcard berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi bagi
siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Agrissto Bintang A.P, Md.dan Tria Mardiana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Menulis Narasi, Flashcard
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:00
Last Modified: 26 Feb 2025 01:40
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item