Isnaeni, Ema (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KADO PENA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Dilakukan di Desa Gedongsari Kelas IV Muatan Matematika Materi Pecahan Senilai). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0002_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (821kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0002_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0002_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0002_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0002_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model
pembelajaran Discovey Learning berbantuan KADO PENA terhadap hasil
belajar siswa kelas IV muatan matematika materi pecahan senilai di Desa
Gedongsari.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental Design) dengan model Nonequivalent Control Grup Design.
Subjek penelitian dipilih secara jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 20
orang siswa terdiri dari 10 siswa kelompok eksperimen dan 10 siswa
kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling
jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan
ganda. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas.
Analisis data yang digunakan Independent Sample T Test dengan bantuan
program SPSS versi 25.00 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery
Learning berbantuan KADO PENA berpengaruh positif terhadap hasil belajar
siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Independent Sample T Test
pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,006 <
0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Septiyati Purwandari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:57
Last Modified: 26 Feb 2025 02:51
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2179

Actions (login required)

View Item View Item