Maisaroh, Esty (2020) PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0210_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (927kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0210_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0210_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (891kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0210_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0210_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:
1) Pengaruh pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap kecerdasan
interpersonal siswa di SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Magelang Tahun ajaran
2019/2020; 2) Pengaruh pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap prestasi
belajar siswa di SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Magelang Tahun ajaran
2019/2020; 3) Pengaruh pembiasaan shalat dzuhur berjamaah terhadap kecerdasan
interpersonal dan prestasi belajar siswa di SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II
Magelang Tahun ajaran 2019/2020.
Subjek penelitian ini dipilih secara purpossive sampling. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto.
Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis manova. Metodologi
pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket. Data yang
diambil yaitu dokumentasi nilai rapot siswa dan skor angket pembiasaan shalat
dzuhur berjamaah dan kecerdasan interpersonal siswa.
Hasil analisis hipotesis uji manova pengaruh pembiasaan shalat dzuhur
berjamaah dengan variabel kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar adalah
sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh dengan kategori kuat antar pembiasaan
shalat dzuhur berjamaah (X) terhadap kecerdasan interpersonal (Y1) dengan nilai
signifikansi (sig. Y1) 0.004 < 0.05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0.744
atau sama dengan 74.4%. 2) Terdapat pengaruh dengan kategori sedang
pembiasaan shalat dzuhur berjamaah (X) terhadap prestasi belajar (Y2) dengan
nilai signifikansi (sig. Y2) 0.650 > 0.05 dan nilai koefisien determinasi sebesar
0.420 atau sama dengan 42.0%. 3) Hasil uji hipotesis variabel X terhadap Y1 dan
Y2 menggunakan Multivariate Tests secara keseluruhan ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara variabel X (pembiasaan shalat dzuhur berjamaah) terhadap
variabel Y1 (kecerdasan interpersonal) dan variabel Y2 (prestasi belajar).

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd. dan Galih Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah, Kecerdasan Interpersonal, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:55
Last Modified: 05 Mar 2025 02:51
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2177

Actions (login required)

View Item View Item