Agustin, Matsna (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA PANDAR TARUN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Japan Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0129_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (466kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0129_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0129_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0129_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0129_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (245kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) berbantuan Media Pandar Tarun terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Japan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen Pre Experimental
Design dengan model One Grup Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilakukan
pada siswa kelas IV di SDN Japan Kecamatan Tegalrejo. Sampel penelitian
diambil secara total dari populasi yaitu dengan teknik sampling total jenuh dengan
jumlah seluruh siswa kelas IV 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan
menggunakan tes, melalui lembar tes pilihan ganda sebagai instrumen. Uji
validitas instrumen dilakukan oleh ahli dan diujikan secara statistik dengan
bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25 begitu juga dengan uji reliabilitas. Uji
prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik
statistik parametrik yaitu uji Paired Sample t-test dengan bantuan aplikasi IBM
SPSS Statistics 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis uji Paired Sample t-test
menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,000 dan lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penggunaan Pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) berbantuan Media Pandar Tarun berpengaruh terhadap hasil
belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd. dan Tria Mardiana, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Media Pandar Tarun, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:55 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 03:25 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |