Nissa, Novia Khaurul (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN SAVI BERBANTU MEDIA PARTY BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0120_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (720kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0120_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0120_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0120_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0120_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran SAVI berbantu media Party Book terhadap keteramplian menulis siswa
kelas V SD di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design
dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil dalam penelitian
ini berjumlah 20 siswa dan dipilih secara total sampling. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan menggunakan unjuk kerja. Uji validitas soal yang
digunakan pada penelitian ini menggunakan uji expert judgment, sedangkan uji
reliabilitasnya menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan IBM SPSS versi
25.0. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik Paired Sample T-test
berbantuan IBM SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SAVI berbantu media Party
Book berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil
analisis paired sample T-test dengan thitung sebesar -10,161 dengan nilai probabilitas
nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
perbedaan skor rata-rata antara pre-test sebesar 54,25 dan post-test sebesar 75,50.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaan
SAVI berbantu media Party Book berpengaruh terhadap keterampilan menulis.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran SAVI, Media Party Book , Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:53
Last Modified: 06 Mar 2025 02:58
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2173

Actions (login required)

View Item View Item