Rahmawati, Fauziah and Suryawan, Ari (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL) BERBANTU MEDIA POLISORITA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Manding Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0110_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0110_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0110_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
16.0305.0110_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0110_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran
SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) berbantu media Polisorita terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD Negeri Manding Kecamatan
Temanggung Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian ini adalah pre
experimental design dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest Design.
Sampel yang diambil sebanyak 28 siswa.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan soal pilihan ganda berjumlah
32 soal yang sudah diuji tingkat kevalidannya dan reliabilitasnya. Uji validitas
soal pilihan ganda menggunakan rumus pearson menggunakan bantuan Microsoft
Excel 2010 for windows sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus
cronbach’s alpha dengan bantuan komputer program SPSS Statistic 25.0 for
windows. Analisis data menggunakan teknik statistik Wilcoxon Test berbantuan
program SPSS Statistic 25.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatis
Auditori Visual Intelektual) berbantu media Polisorita berpengaruh terhadap hasil
belajar matematika. Hal ini dibuktikan zhitung sebesar -4,627 dengan nilai
probabilitas 0,000 < 0,05, berarti ada perbedaan signifikan antara hasil belajar
matematika sebelum dan hasil belajar matematika setelah diberikan perlakuan
dengan model pembelajaran SAVI berbantu media Polisorita. Berdasarkan
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
SAVI berbantu media Polisorita berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si., dan Ari Suryawan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI , Media Polisorita, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:51
Last Modified: 12 Mar 2025 04:17
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2170

Actions (login required)

View Item View Item