Purnamasari, Helvina Raf Rafi (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN TRANCHTENBERG TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Kampung Losmenan Kelurahan Panjang Kota Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0106_ BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (605kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0106_ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0106_ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0106_ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0106_ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (265kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran aktif
dengan tranchtenberg terhadap kemampuan berhitung Siswa Kelas IV SD
Kampung Losmenan Kelurahan Panjang Kota Magelang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-eksperimen dengan model
one group pretest-posttest design. Subjek penelitian dipilih secara sampling jenuh.
Sampel pada penelitian adalah 14 siswa kelas IV SD Kampung Losmenan
Kelurahan Panjang Kota Magelang tahun ajaran 2019/ 2020. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes
kemampuan berhitung. Uji validitas instrumen tes soal pretest dan posttest
kemampuan berhitung menggunakan rumus product moment sedangkan uji
reabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan softwere IBM
SPSS versi 26 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas.
Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji paired sample ttest
dengan bantuan softwere IBM SPSS versi 26 for windows.
Hasil penelitian menujukan bahwa pembelajaran aktif dengan
tranchtenberg berpengaruh terhadap kemampuan berhitung Siswa Kelas IV SD.
Hal ini dibuktikan dari hasil anlisis uji paired sample t-test pada kelas yang diberi
treatment dengan probabilias nilai sig. (2-tailed) 0,001< 0,05. Berdasarkan hasil
analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata hasil tes pretest dan
posttest kemampuan berhitung. Sebelum diberkan treatment, siswa diberkan soal
pretest dengan rata-rata 64,86. Setelah diberikan treatmen, siswa diberikan soal
posttest dengan rata-rata 73, 57.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M. Si., Kons dan Ari Suryawan, M. Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Aktif Dengan Tranchtenberg, Kemampuan Berhitung, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:50 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 08:02 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |