Nirasari, Nadya (2020) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAAT PANDEMI COVID-19 (Penelitian di SD Negeri Manding Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0096_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (569kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0096_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0096_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
16.0305.0096_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
16.0305.0096_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (172kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, kendala, dan upaya
dalam pembelajaran tematik integratif, pendekatan scientific approach, dan
penilaian autentik dalam pembelajaran saat pandemi covid-19. Penelitian ini
dilakukan di SD Negeri Manding Temanggung.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi
terhadap kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, serta pencermatan beberapa
dokumen perangkat pembelajaran guru dan hasil belajar siswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Uji keabsahan data menggunakan
teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan
triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu guru melaksanakan pembelajaran dengan
tematik integratif, penerapan pendekatan saintifik, dan penilaian autentik. Pada
pelaksanaan pembelajaran saat pandemi covid, masih terdapat kendala yaitu
beberapa siswa tidak memiliki smartphone, kuota siswa yang terbatas, tidak
menerapkan aplikasi seperti zoom, google classroom, pelaksanaan pembelajaran
dengan pendekatan saintifik tidak semua langkah dapat diterapkan, penilaian
selama pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara daring. Upaya untuk
mengatasi kendala tersebut berupa pelaksanaan pembelajaran secara home visit,
menggunakan video pembelajaran, memberikan penugasan secara tertulis dan
orangtua yang mengambil tugas ke sekolah, walaupun dalam pelaksanaannya
belum maksimal karena terbatasnya interaksi dan komunikasi selama pandemi
covid-19.
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Ari Suryawan, M.Pd., dan Tria Mardiana M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Tematik Integratif, Pendekatan Saintifik, Penilaian Autentik, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:47 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:27 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/2165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |